"Sumpah Guru Indonesia"



Demi Allah

Sebagai guru Indonesia saya bersumpah/berjanji :

1.  Bahwa saya akan membaktikan diri saya untuk tugas   
     mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai, dan   
     mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran peserta didik 
     guna kepentingan kemanusiaan dan masa depannya;

2.  Bahwa saya akan melestarikan dan menjunjung tinggi 
      martabat guru sebagai profesi terhormat dan mulia;

3.  Bahwa saya akan melaksanakan tugas saya sesuai dengan 
     kompetensi jabatan guru;

4.  Bahwa saya akan melaksanakan tugas saya serta 
      bertanggung jawab yang tinggi dengan mengutamakan 
      kepentingan peserta didik, asyarakat, bangsa dan negara 
      serta kemanusiaan;

5.  Bahwa saya akan menggunakan keharusan profesiaonal 
     saya semata-mata berdasarkan nilai-nilai agama dan 
     Pancasila;

6.  Bahwa saya akan menghormati hak asasi peserta didik 
      untuk tumbuh dan berkembang guna mencapai 
      kedewasaannya sebagai warga negara dan bangsa 
      Indonesia yang bermoral dan berakhlak mulia;

7.  Bahwa saya akan berusaha secara sungguh-sungguh 
     untuk meningkatkan keharusan profesional;

8. Bahwa saya akan berusaha secara sungguh-sungguh untuk 
   melaksanakan tugas guru tanpa dipengaruhi pertimbangan 
   unsur-unsur di luar pendidikan;
9.  Bahwa saya akan memberikan penghormatan dan 
     pernyataan terima kasih kepada guru yang telah 
     mengantarkan saya menjadi guru Indonesia;

10.Bahwa saya akan menjalin kerja sama secara sungguh-
      sungguh dengan rekan sejawat untuk menumbuh
      kembangkan dan meningkatkan profesionalitas guru 
      Indonesia;

11.Bahwa saya akan berusaha untuk menjadi teladan dalam 
     perilaku bagi peserta didik dan masyarakat;

12.Bahwa saya akan menghormati; menaati dan mengamal     
     kan kode etik guru Indonesia.


Saya ikrarkan sumpah/janji *) ini secara sungguh-sungguh 
dengan mempertaruhkan kehormatan saya sebagai guru 
profesional.



sumber : http://pgri.or.id/
Pernyataan (Disclaimer) Penulis:
Untuk menjamin faktualitas isi, sebagian artikel mungkin saja mengutip dari sumber lain. Untuk itu, sumber akan dicantumkan di akhir artikel. Jika sumber tersebut keberatan, agar menyampaikannya di kolom komentar artikel tersebut.
23:21:00

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget