Bentuk Komunitas Guru Pengembang IT, Kadisdik Paksa Guru Melek IT

Satu langkah strategis lagi dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong. Pada hari Rabu (27 April 2016) lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong mengumpulkan Kepala UPT, perwakilan Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK, dan perwakilan guru, guna memprakarsai terbentuknya sebuah komunitas guru pengembang media pembelajaran berbasis TIK. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Drs. H. Marzuki Hakim, M.Si., dalam sambutan dan pengarahannya menuturkan keinginan bagaimana supaya prioritas pendidikan yang murah dan berkualitas itu dapat diwujudkan.
“Kalau komunitas ini terbentuk. Nanti ada lagi grup-grup (rayon) yang berdasarkan kelas maupun mata pelajaran,” katanya.
“Nah, kalau yang ada itu kan komunitas(MGMP) TIK, yaitu guru yang mengajar TIK. Sekarang kita keluar dari itu. Jadi, komunitas ini anggotanya semua guru. Apakah dia mengajar Matematika, IPA, IPS, dan lain-lain. Kita harapkan, jika dia memberikan pelajaran, dia menggunakan teknologi, menggunakan media pembelajaran yang menarik yang berbasis IT sehingga tidak monoton,”tambahnya.

Kepala Dinas yang baru menjabat selama dua tahun ini juga menuturkan dengan adanya bantuan media itu, pekerjaan guru akan menjadi lebih ringan.
“Tentu juga jadi lebih menarik karena dalam media itu ada video-video atau contoh-contoh materi yang bisa kita sisipkan,” katanya lagi.
“Bahkan, jika (media) itu nantinya kita taruh di web kita, guru-guru kita, atau murid-murid kita yang sudah punya akses internet, mereka pun bisa melihat lebih dulu materi yang akan diberikan oleh guru. Bagi anak yang kreatif, jika gurunya masuk, bisa langsung diskusi.”

Kepala Dinas juga memandang ini merupakan langkah yang harus ditempuh karena kalau tidak mulai sekarang, kita akan ketinggalan.
“Kita juga nanti akan sekali-kali mengundang pihak lain untuk memberikan ilmu dan pengalaman mereka dalam hal pengembangan media berbasis IT ini.
Untuk masalah dana, kalau komunitas ini terbentuk, nanti Dinas Pendidikan juga akan memberikan bantuan, bagaimanapun caranya demi pengembangan komunitas ini.
“Kalau MGMP TIK itu kan mereka sudah ada mata anggarannya. Nah kalau komunitas, nanti kita akan pikirkan supaya usaha meningkatkan kualitas pendidikan ini bisa terlaksana,” tutupnya.

Sebelumnya, Bapak Shopia Elhadi, S.Ag., M.M.Pd. yang juga Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya & Jaro dalam laporannya menyampaikan bahwa rapat Pertemuan Pembentukan Komunitas Guru Pengembang Media Pembelajaran Berbasis TIK tersebut merupakan inisiatif dan Prakarsa Kelompok Kerja Kepala UTP Inspeksi Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Tabalong. Ini merupakan salah satu tindaklanjut dari 12 Program Skala Prioritas Kabupaten Tabalong 2015 – 2019.

Pertemuan pertama yang diadakan di aula Dinas Pendidikan itu membuka mata peserta untuk lebih terpacu semangat dan minatnya untuk meningkatkan kemampuan di bidang TIK, untuk saling bersinergi satu sama lain.

Berdasarkan hasil rapat, maka terbentuklah Pengurus/Koordinator setiap rayon dan kecamatan sebagai berikut :
1. Koordinator Kabupaten : H. Shopia elhadi, S.Ag.,M.M.Pd. ( Ketua Pokjha Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan se Kabupaten Tabalong
2. Koordinator Guru TK/SD : Budy Irawan, S.Pd.SD ( SDN 1.2 Sei. Rukam )
3. Koordinator Guru SMP : Kamrani, S.Pd. ( SDN 2 Kelua )
4. Koordinator Guru SMA/SMK : Kasno, M.Pd. ( SMA 1 Jaro )

Untuk Pengurus/Koordinator Tingkat Kabupaten, dengan anggota : Bapak Syam Indera Permana, SP., MM, Deni Ranoptri, S.Pd.SD, Yadi Kanadi, M.Pd. Selanjutnya akan dibentuk kelengkapan kepengurusan yang terdiri dari 3 ( tiga ) bidang yaitu : Bidang Peningkatan Mutu, Bidang Pengembangan ( Tim Pengembang TIK ), dan Bidang Kerjasama/Kemitraan. Kemudian, pada setiap Kecamatan dibentuk Pengurus Kecamatan untuk Guru-guru TK/SD, dan setiap Rayon Guru SMP/SMA/SMK dibentuk kepengurusan juga.
Pernyataan (Disclaimer) Penulis:
Untuk menjamin faktualitas isi, sebagian artikel mungkin saja mengutip dari sumber lain. Untuk itu, sumber akan dicantumkan di akhir artikel. Jika sumber tersebut keberatan, agar menyampaikannya di kolom komentar artikel tersebut.
22:40:00

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget